Surga Tersembunyi Pantai Wonosari

thanks for reading,
Karang, hutan jati meranggas, abu-abu coklat dan kering, itulah yang kutemui ketika angka kilometer di dasboard mobilku menunjukkan angka 570. Setelah menyusuri jalur selatan Jakarta-Jogja, akhirnya aku sampai di sini. Hutan kering di desa Tanjungsari, di bagian selatan kota Wonosari. Jalanan mulus menuju deretan pantai di gunung kidul. Kusebut deretan karena dapat kau nikmati beberapa pantai sekali jalan, mulai Baron Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, Indrajanti sampai Wediombo.
***
Namun ketika kau sampai di deretan pantai ini, kesan kering meranggas dan coklat berubah menjadi biru.

Pantai Baron
Pantai unik dengan pertemuan air tawar dan air asin. Jika anda penyuka sea food, di sinilah surganya. Aneka udang, ikan, cumi goreng atau bakar dengan harga yang bersahabat.

Pantai Kukup.
Terletak di timur pantai Baron. Menurutku inilah yang terindah diantara deretan pantai Wonosari. Terdapat jempatan menuju sebuah pulau karang di tengah laut. Ada juga bursa ikan hias, ikan indian dan oktopus kadang tersedia. Lebih tenang daripada Baron yang crowded.

Pantai Sepanjang
Identik dengan pantai krakal. Termasuk pantai yang baru dibuka, memiliki garis pantai terpanjang dibanding sepupunya yang lain.

Pantai Krakal
Pantai Krakal terletak di sebelah timur pantai sepanjang dan Drini. Saat surut, bagian bibir pantai terlihat atol yang ditumbuhi rumput laut. Anda dapat berjalan-jalan di sini. Beberapa biota laut bisa dilihat dengan jelas. Siput laut, ikan kecil warna-warni juga kadang udang karang. beberapa kepiting (mungkin ketam) juga terlihat berpura-pura sembunyi di bawah rumput laut.
Ketika pasang barulah anda dapat menikmati warna turquoise.
Di sebelah timur pantai Krakal, terdapat cafe Indrajanti, sehingga orang sering menyebut bagian ini pantai Indrajanti. Anda dapat menikmatri seafood dengan harga kota tentunya.


Where to stay:
Wonosari
Hotel murah dan sangat direkomendasikan tarif bersahabat dan bersih, bergaya tradisional jawa : Hotel Joglo. Setelah pasar wonosari, lampu merah belok kiri, ketemu Indomaret, belok kanan.

Komentar

Postingan Populer