Panduan Kuliner Bangko

thanks for reading,

Apakah yang anda maksud adalah Bangkok? Begitu kira-kira hasil mesin pencari Google jika anda mencari kata Bangko. Bangko adalah sebuah kabupaten nun jauh di pedalaman Jambi, tepatnya sekitar 240 km di sebelah selatan Kota Jambi. Sampai di sini anda tidak bertanya Jambi itu dimana kan?
Bangko bisa dicapai melalui jalan lintas tengah yang menghubungkan Sumatera Selatan dengan Sumater Barat, tak heran budayanya adalah tarik menarik kedua propinsi itu, tak ayal kulinernyapun terseret-seret antara Sumatera Selatan dengan pindang berkuah bening segarnya dan Sumatera Barat dengan Rendang santan kentalnya.
Yuk telusuri saja langsung kuliner apa saja sih yang ada di Bangko.

1. Warung Nasi Selera Dusun
Sesuai namanya, warung ini mengklaim masakannya adalah warisan orang bangko dusun, kamu bisa menikmati Gulai Terjun ikan sungai. Dinamai gulai terjun lantaran bumbu-bumbunya 'diterjunkan' langsung ke kuali tanpa disangrai/tumis terlebih dahulu. Ikan yang digulai ini umumnya ikan sungai endemik Sungai Batang Merangin misalnya ikan Dalum, ikan Tapah kadang ikan Semah. Santannya tidak terlalu kental sehingga tidak mengaburkan rasa gurih ikan. Selain itu kalau beruntung, juga tersdia gulai daging Rusa.



2. Pindang Patin Seberang BNI

Yang ini merupakan masakan khas Palembang, kuah bening segarnya dibumbui dengan Jahe, Kunyit, Bawang Merah, Bawang Putih dirajang dan ditaburi daun Kemangi serta cabai rawit. Model penyajiannya dihidang bersama dengan orek tempe-tahu, lalapan dan sambal belacan.










Sedap

3. Pondok Bambu RR
Dulunya berupa pondok Bambu di sebelah kanan ujung jalur tigo ke arah Muara Bungo namun kini pindah ke Ruko permanen. Warung ini ocok untuk penyuka pedas. Sayurnya juga unik misalnya oseng Jantung Pisang, tumis Pakis. 

4. Cwimie Malang
Oskab Ngalam ternyata sudah sampai Bangko. Kuliner kegemaran Orang Singo Edan ini menyajikan segarnya bakso urat, bakso halus, bakso goreng dan pangsit goreng.

5. RM Khas Merangin Perentak
Namanya diambil dari nama Desa nun jauh di pelosok Bangko, Perentak. Kalau mau merasakan intisari warisan budaya kuliner kuno bangko lama, di sinilah tempatnya. Menunya Sayur Pakis kuyung. Kuyung adalah sejenis siput berumah panjang biasanya hidup di perarian. Nah menu andalannya adalah Ikan Semah. Ikan Semah konon merupakan ikan endemik sungai di daerah Merangin dan tak tiap hari boleh dipancing.

6. RP Khas Merangin Valencia


7. Lapo Wulan Simangunsong
Nah yang ini khusus non halal ya. Saksang dan panggang jadi menu andalannya. Saksang adalah masakan khas tradisional tapanuli, bumbunya khas misalnya Andaliman. Andaliman ini bentuknya bulat sekecil merica namun warnanya hijau, kalau dilihat dengan microskop kulitnya hijaunya berkeriput mirip jeruk purut, rasanya legit dan adak pedas di ujung lidah. Favoritku di sini justru Arsik Ikan Mas, ikan yang dibumbu kuninglengkap dengan daun bawang lokio dan bunga kecombrang. Hmmm ngiler.



8. Angkringan Anggi
Yang ini murah meriah, entahlah kok dinamai angkringan padahal lebih mirip pondok bambu. Masakannya mirip warung ampera (padang) murah tapi tidak murahan.

9. Pempek Hossana
Bukan Pempeknya yang berkesan, justru Sop Ikan Batamnya. Kuahnya segar lantara ada sawi asinnya berbaur gurih ikan asin yang digerus.





Komentar

Postingan Populer