WONG NDESO MEMBUAT BUCATINI AMATRICIANA

thanks for reading,
Bucatini adalah pasta panjang seperti spaghetti dengan lubang di tengahnya. Amatriciana adalah saus pasta dengan bahan dasar tomat dan minyak dari guanciale. Guanciale adalah daging (umumnya pipi babi) yang diawetkan dengan garam dan rempah seperti bawang putih, lada hitam, bay leaves, cabai kering (terkadang ditambah geretan buah pala, kulit manis dan pine nut). Setidaknya digantung diangin-angin 10 minggu untuk mengurangi 25% kadar airnya. Sehingga ketika digoreng gampang mencapai level kriuk tapi empuk.
Bahan:
1. Guanciale diiris kecil2
2. Bombay rajang kecil
3. cuka Balsamic
4. Cabai kering utuh diiris kecil2
5. Tomat kupas (lebih praktis yang kalengan namanya pomodoro)
6. Lada hitam geprek
7. Keju Pecorino romano diparut
8. Bucatini

Persiapan:
1. Panaskan wajan anti lengket, masukkan guanciale, goreng tanpa minyak sampai kecoklatan. Mengapa tanpa minyak, karena akan keluar minyak dengan sendirinya. Pisahkan guanciale matang ke mangkok tersendiri, biarkan minyaknya di wajan. 
2. Sementara menggoreng guanciale, didihkan air dalam jumlah yang cukup banyak di panci lain. Setelah menggelegak masukkan garam 1 sendok makan munjung. Rebus Bucatini. Ikuti petunjuk dalam kemasan, berapa menit seharusnya direbus, jangan sampai londot.
3. Tumis bombay dengan minyak sisa guanciale di wajan. Setelah mengkilap, tambahkan cuka balsamic, aduk, masukkan tomat kupas, aduk sambil penyet2 tomatnya supaya lebur. Tambahkan air mendidih pasta, air ini akan membantu pengentalan saus. Masukkan cabai kering, lada hitam geprek. Umumnya tidak ditambahkan garam karena guanciale sudah asin. Masukkan sebagian pecorino parut, aduk. Jika dirasa asat  tambahkan air rebusan pasta. Saus siap.

Mantecatura/pencampuran:
Tiriskan bucatini, masukkan dalam wajan saus, api bawah wajan masih menyala kecil. Aduk, lama-lama akan mengental. Pasta siap disajikan.

Penyajian:
Tata bucatini bersaus dalam piring, taburi lada geprek, sisa pecorino dan taruh guanciale goreng diatasnya.
Bon apetito!

Common rule:
1. Jangan tambahkan minyak untuk merebus pasta. Pasta tidak lengket di air bergaram.
2. Tidak menambah bawang putih, karena umumnya guanciale sudah berbawang putih pekat.
3. Tidak menambah garam dalam saus karena guanciale sudah asin pakai banget.
4. Saus menunggu pasta, bukan pasta menunggu saus.



Komentar

Postingan Populer