Mengintip Prodi S1 Perguruan Tinggi Papan Teratas Yang Peluang Masuknya Tidak Seketat Jurusan Lainnya Di PT Tersebut

thanks for reading,

Halo rekan-rekan akademika, yang saya maksud sebagai perguruan tinggi papan teratas adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung. Saya tahu, mungkin sebagian tidak sepakat dengan pendapat saya. Sedangkan yang saya golongkan sebagai "yang peluang masuknya tidak seketat jurusan lainnya di perguruan tinggi yang sama" adalah yang peluang lolosnya 9% dan ke atas.

Sebagai perbandingan, misalnya di UGM, Kelompok Saintek yang paling ketat peluang masuknya adalah Jurusan Kedokteran UGM, hanya 1.9% dari jumlah peminat, sedangkan kelompok Soshum yang paling ketat adalah Jurusan Pariwisata malah hanya sebesar 1.2%. 

Atau Universitas Indonesia, kelompok Saintek paling ketat adalah Jurusan Gizi 2.2%, sedangkan kelompok Soshum pialanya dipegang Jurusan Sastra Inggris sebesar 1.5%.

Sedangkan pemegang medali peluang terketat di Institut Teknologi Bandung, dipegang oleh Jurusan Sek. Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan kampus Cirebon sebesar 3.3%.

Cara menghitung keketatan tersebut adalah Daya Tampung 2018 (Pembilang) dibagi dengan Peminat SBMPTN 2017 (Penyebut).

Mau kuliah di Perguruan Tinggi termentereng? Mungkin prodi yang relatif tidak seketat peluangnya dibanding jurusan lainnya di perguruan yang sama di bawah ini bisa menjadi pilihan/strategi.



 Yuk kita tengok web masing-masing prodi di atas!
1. F Senirupa dan Desain ITB-Kampus Cirebon
2. FMIPA ITB
3. Ilmu dan Industri Peternakan UGM
    Jika kamu ingin menjadi cendekiawan yang berpikir kritis, logis, dan mampu mengaplikasikan pengetahuanmu secara integratif dalam kesatuan kehidupan, mungkin Filsafat cocok untukmu.
    Buat kamu yang suka dengan Delonix regia, Syzygium aromaticum dan sebangsanya itu mungkin kamu akan kerasan kuliah di jurusan ini.
6. Fisika UGM
7. Kimia UGM
   Mungkin kamu akan tenggelam mengulik sastra jawa kuno sampai modern, nantinya kamu mampu meneliti kebudayaan baik yang ada maupun gejala peubahannya.
    
9. Sastra Rusia UI
10. Fisika UI
11. Geografi UI
12. Kimia UI

Komentar

Postingan Populer