Kota Sejuk SOE

Indonesia terkenal dengan aneka masakannya. Mulai dari Aceh yang bernuansa rempah sampai Papua yang berlimpah sagu. Tidak ada salahnya bila anda mencoba keluar dari tradisi lidah yang biasa anda nikmati setiap hari untuk kemudian menjelajah tradisi lidah daerah lain.
Ambil contoh pernah suatu ketika saya berkunjung ke SOE (ya..puncaknya Kupang lah). Di daerah yang belum pernah saya dengar namanya ini terdapat aneka macam masakan khas daerah, misalnya Jagung Bose.

Di daerah ini jagung adalah salah satu pengganti nasi. Entah bagaimana proses pembuatannya, si Jagung ini sudah bersih dari kulit arinya, sehingga yang tampak adalah warna putih bagian daging jagung (seperti brondong gitu tapi masih basah) rasanya gurih ditingkah siraman santan yang tak terlalu meluber, dimakan bersama lauk lainnya seperti ayam rica, ya seperti pengganti nasi pada umumnya. Makanan model begini setahu saya belum ada tuh di daerah lain. Ngomong-ngomong, SOE ini suhunya dingin banget apalagi kalau matahari sudah tenggelam, jauh lebih dingin dari kawasan puncak Jabar.

Selain itu ada yang namanya Daging Se'i, ya daging sapi yang diasap namun cita rasanya khas gak ada yang nyamain di bagian barat sini. Kata orang setempat sih, Se'i sebenarnya adalah teknologi pengawetan Daging jaman dulu ketika masih jamannya berburu. Nah kalau berburu khan bisa berhari-hari, jadi daging buruan itu diawetkan terlebih dulu, lagian dulu belum ada kulkas masuk daerah ini. Nah daging ini bisa digoreng, disambal goreng, atau diapakan sesuai selera tambah nikmat kalau disantap bersama Sambal Kupang.

Ada yang unik sepanjang jalan SOE ke Kupang, di kiri kanan jalan ada tenda-tenda yang menjual Jeruk Soe dan Sarikaya. Jeruknya terbilang lucu, bentuknya seperti jeruk mandarin tapi lebih besar tetapi buahnya dan kulitnya ada ruangan berongga, jadi jeruknya peyot, tapi jangan kau remehkan rasanya, seger, manis lagi aromatik.

Komentar

Postingan Populer