Rafting Cicatih


"...mwang tan hanani baryya baryya shila.
irikang lwah tan pangalapa ikan sesini lwah..."  

begitulah sepenggal bunyi prasasti yang diteken Prabu Jayabupati, raja Sunda tahun 1030 M. Kata ahli sastra kuno artinya kurang lebih: 

"...Tidak ada seorangpun yang boleh melanggar aturan ini. 
Di bagian sungai ini tidak boleh menangkap ikan..." 
Prasasti ini ditemukan di tepi Sungai Cicatih, Cibadak, Sukabumi dan sekarang tersimpan di Museum Nasional, Jakarta. Baiklah Prabu, aku ke sungai Cicatih ini bukan untuk mancing, cuma main rakit saja, boleh kan?

Trip ini terbilang rame-rame tidak seperti biasanya, 115 orang rombongan, tak kurang dari 3 bus besar diperlukan. Berangkat dari Jakarta, Sabtu pukul 06.00 perjalanan lancar-lancar saja sampai di simpang tajur arah Sukabumi. Nah mulai dari sinilah perjuangannya, menembus macet terutama di pasar Cicurug. 

Sementara di atas sana Stratus masih aja berpelukan dengan Cumulus, tak pelak gerimis terus membasahi bumi Sunda ini. Akhirnya tim berhasil sampai di Meeting Point pukul 10.00.

Karena alasan keamanan akibat debit air yang meningkat, maka Trip yang sedianya memakai jalur 12 km diubah 9 km, trip dimulai pukul 11.00. Banyak diantara peserta yang takut, tapi karena guide berpengalaman dan tersedia tim rescue, semua akhirnya mau nyebur.

Biawak, orang Sunda menyebutnya Bayawak (Varanus Salvator) berjemur di tepi tebing sungai, mungkin sedang menunggu mangsa ketika rakit kami menabrak batu cadas itu. Batu Cadas setinggi 20 meter di pinggir sungai, mungkin karena erosi sehingga terpisah dari  induknya bibir sungai membentuk gundukan tersendiri, seperti pulau James Bond di Phuket. Batu ini terletak tak jauh dari Jembatan Kampung Jeram. Sayang, kamera harus dititipkan sehingga tak bisa ambil gambar.

Setelah melewati celah sempit di antara batu cadas itu, rakit kembali ke tengah sungai.  Rakit kami selamat melaju dari satu jeram ke jeram lainnya, sampai suatu ketika kami mengambil sebelah kanan jeram tetapi karena tak patuh perintah instruktur, rakit yang seharusnya maju malah berputar arah dan menubruk batu. Rakit miring ke kiri dan setangahnya sudah terbenam air, dua teman di depanku tiba-tiba tertampar arus dan lepas dari rakit. Hanya dalam 2 detik dua teman tadi sudah hanyut terseret arus jauh di depan sana. Dan diselamatkan tim rescue setelah beberapa kali menelan air sungai. Akhirnya kami dapati moral  dari rafting ini yaitu kerjasama dan mematuhi perintah instruktur.





Komentar

Komunitas Tegal mengatakan…
seru juga mas, kalau ada lagi mauuuuuuuuuuu
Tunggulwulung mengatakan…
ayo di serayu bagus katanya

Postingan Populer