Ujung Genteng Bay, the Hidden Paradise

thanks for reading,
Pantai Ujung Genteng terletak di Kabupaten Sukabumi tepatnya 66 km disebelah selatan Pelabuhan Ratu. Pantai ini adalah salah satu pantai yang masih alami di tengah serbuan wisatawan karena maraknya buku-buku Indonesia travel guide. Anda masih akan menjumpai warna laut turquoise seperti  batu blue marine.  Pasirnya juga masih putih dengan butiran halus. 

Jalanan menuju pantai ini umumnya sudah beraspal hot mix namun di daerah Kiara Dua jalanan banyak yang berlubang dan berkelok jadi perlu menambah kewaspadaan.  Namun jangan kuatir karena sepanjang jalan pemandangan juga indah meski tak sehijau kawasan puncak. Banyak pohon entah apa namanya -mirip Sakura- berbunga merah muda hampir di seluruh rantingnya.
Sebelum memasuki pintu gerbang loket pantai Ujunggenteng, di sebelah kanan anda ada tanah lot mini Amanda Ratu. Semacam gugusan pulau karang di tengah laut sangat indah apalagi jika cuaca cerah. Ombak pantai selatan yang besar menghantam dinding-dindingnya. Berbuih putih mengkilat terkena sinar matahari.

Selepas Amanda ratu teruskan perjalanan ke pelabuhan nelayan Ujung Genteng. Tak sulit mencarinya karena di sinilah ujung aspal. Jika anda mau membeli ikan segar tinggal belok kiri ke arah pelelangan ikan. Dijamin ikan masih sangat fresh dan matanya masih bulat  gembung karena baru ditangkap.


Nah setelah puas membeli ikan, silahkan menuju arah pantai Pangumbahan. Jika tadi dari ujung aspal anda sudah belok kiri, kini tinggal ambil arah kanan. Sepanjang jalanan berpasir ke arah pantai Pangumbahan banyak terdapat hotel atau cottage.  Nanti anda akan bertemu menara point view di sebelah kiri. Di sini pantainya cukup aman karena ombak akan terpecah kira-kira 200 m dari bibir pantai. Kedalaman hanya selutut orang dewasa atau di beberapa tempat setinggi dada. Karena bibir pantai ini terdapat atol. 


Cibuaya
Anda dapat menikmati aktifitas biota laut karena jernih sehingga kelihatan sampai dasarnya walau tak memakai kacamata snorkeling. Ada ikan Gobi yang berduaan dengan udang karang. Juga semacam siput laut berwarna kekuningan merambat di dasar atol.

Puas di atol depan hotel Hexa teruskan perjalanan anda ke arah pantai Cibuaya. Mirip dengan pantai sebelumnya didominasi oleh atol. Di sini umumnya orang memancing. Di dekat pantai ini banyak rumah penduduk yang disulap menjadi semacam cottage.


Nah deretan pantainya belum habis. Teruskan perjalan anda ke pantai Pangumbahan. Terdapat surf spot di pantai ini. Umumnya bule-bule yang menari0nari di atas ombak laut kekuasaan ratu pantai selatan ini. Sedang orang lokal biasanya cuma menonton. Ombaknya cukup besar.


Pangumbahan
Di pantai Pangumbahan terdapat konservasi penyu. Kita dapat melepaskan anak penyu ke laut. Biasanya aktifitas ini diselenggaran jam setengah enam sore. Pantai Pangumbahan pasirnya masih sangat putih. Butirannya halus. Satu lagi sorga tersembunyi.  Sambil menunggu pelepasan penyu maka kita dapat menikmati hamparan pasir putih pantai Pangumbahan. Di malam hari anda juga dapat melihat penyu yang sedagn mendarat untuk meletakkan telurnya.

Bila anda masih ingin mengekspor Ujung Genteng, atraksi penyu bukanlah yang terakhir. Tapi anda dapat melanjutkan ke muara Cipanarikan. Bagusnya saat sunset. Untuk menuju tempat ini kita perlu bantuan ojeg.







Komentar

Postingan Populer