Non Italian Bikin Penne Carbonara

thanks for reading,
Carbonara adalah masakan pasta dengan saus berbahan dasar kuning telur dan keju pecorino. 
Langsung saja ya bahannya untuk 3 porsi:
1. Pasta non telur  dengan bentuk Penne 195gr, pasta seperti sedotan pendek, berlobang di tengahnya, berelief garis tepi luarnya. Alasan memakai Penne, karena saus akan masuk ke lubang dan menempel ke tepi luar yang berelief. Pasta adalah yang non telur karena sausnya sendiri terbuat dari telur.
2. Guanciale 100gr, daging yang diawetkan dengan garam dan rempah seperti bawang putih, bay leaves, kulit manis, lada, lalu digantung diangin-angin beberapa bulan, tidak diasap, bukan bacon, umumnya berbahan pipi babi.
3. Keju Pecorino romano 33 gr (60%) dan Parmigiano 22 gr (40%).
4. Kuning telur 3.
5. Lada hitam digerus.

Operasi resep:
1. Panaskan air lumayan banyak dalam panci A sehingga cukup untuk untuk pasta benar-benar tenggelam.

2. Guanciale dipanaskan dalam panci B tanpa minyak (karena nanti akan keluar minyaknya) sampai coklat matang. Ambil guanciale yang matang, tempatkan di mangkok, biarkan sisa minyak lemak tetap dalam panci B.
3. Air mendidih di panci A pastikan sudah menggelegak, masukkan garam 1,5 sendok makan, lho kok banyak sekali? Jangan khawatir, sebagian besar garam akan tertinggal di air nantinya. Masukkan Penne, ikuti petunjuk dalam kemasan, berapa menit direbus sampai pas (tidak terlalu empuk, ketika digigit ada rasa perlawanan membal dari pastanya).
4. Dalam panci B yang ada sisa lemak cair guanciale, masukkan kuning telur, naikkan panci ini di atas panci A yang sedang merebus Penne. Tujuannya dasar panci B diuapi sampai cukup panas, aduk-aduk. Kenapa tidak di atas api langsung? Kalau belum ahli, salah-salah tidak jadi saus, tapi omelet. Ketika suhunya memanas, masukkan keju parut (pecorino dan parmigiano), lada hitam dan 4 sendok air mendidih rebusan pasta. Air pasta berguna untuk membantu membentuk pengentalan. Aduk-aduk lagi, lama-lama adukan akan mengental seperti cream namun tanpa cream. Angkat panci B dari uap panci A.
5 Penne yang sudah matang, saring dari air perebusnya, masukkan ke panci B, aduk-aduk (tahap ini namanya Mantecatura). Panci A apinya jangan dikecilkan. Letakkan panci B di atas panci A kembali. Masukkan guanciale, ke panci B, aduk-aduk, lama-lama akan mengental.
6 Sajikan
Versi dengan spaghetti
Rule:
1 Saus menunggu Pasta, bukan pasta menunggu saus.
2 No cream.
3 No garlic (karena sdh ada di guanciale).
4 No Salt saat buat saus, karena guanciale sudah asin pakai banget.


Komentar

Postingan Populer